Pilih SMK atau SMA???

Posted: Januari 30, 2012 in Pendidikan

“Saya lebih memilih SMK karena bisa langsung mendapat keterampilan. Selain itu ketika lulus SMK bisa langsung kerja maka saya bisa membantu orangtua,” ujar Nurul Khotimah Alumni SMK PADINDI. “Saya memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan ke studi lanjut alias kuliah, lalu kebetulan orangtua juga mendukung sehingga saya memilih untuk masuk SMA,” tutur teman saya Ahmad Faris, Alumni SMP PADINDI Angkatan 2008.

Nurul dan Faris begitu mantab dengan pilihannya. Bagaimana dengan teman-teman yang lain. Bisa dijamin masih banyak di antara teman-teman yang bingung menentukan memilih Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Memilih kedua jalur tersebut tidak segampang memilih baju di toko. Karena pilihan tersebut akan sangat sangat menentukan masa depan kalian. Oleh sebab itu untuk memilih, sebaiknya pertimbangkan dulu matang-matang. Lantas bagaimana kita menyikapinya? mOnGGo, kita ulas bareng-bareng.
Kebingungan yang teman-teman alami itu adalah suatu hal yang wajar-wajar saja. Karena seumuran kita itu rentan dengan kebingungan untuk menentukan masa depan. Sebelum membahas terlalu jauh, teman-teman juga harus paham benar mengenai SMA dan SMK. Apa sih yang menjadi kelebihan dari keduanya serta apa yang menjadi keunggulan dari masing-masing sekolah tersebut. Mari kita tengok satu per satu dari masing-masing sekolah supaya teman-teman nantinya tidak ragu dalam menentukan. SMA memiliki keunggulan khususnya dalam penguasaan konsep, cara berpikir, performance sebagai bekal ke pendidikan berikutnya. Sedangkan SMK memiliki keunggulan khususnya dalam hal penguasaan skill atau keterampilan yang bisa langsung digunakan sebagai modal kerja.
Jenjang SMA itu memang disiapkan untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku perkulihaan. Sedangkan untuk lulusan SMK disiapkan untuk langsung menghadapi dunia kerja. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi lulusan SMK untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan lulusan SMA pun juga ada yang tidak melanjutkan ke bangku perkuliahan.
Hal yang perlu kita lakukan adalah tidak menjalani pendidikan tersebut sebagai ajang untuk gengsi-gengsian. Karena yang terjadi pada saat ini mereka yang menempuh pendidikan di bangku SMK kurang memiliki kepedean dibanding mereka yang duduk di bangku SMA. Bahkan ada yang merasa gengsi menempuh pendidikan di bangku SMK.
Remaja sekarang ini harus menghilangkan masalah gengsi tersebut. Pada dasarnya saat ini SMA dan SMK itu sama. Jadi kita perlu menanamkan sikap percaya diri pada si anak serta menanamkan nilai-nilai pada mereka ketika memilih sekolah tidak hanya karena gengsi semata. Nah, sekarang kita juga harus bisa memilih mana sekiranya sekolah yang cocok bagi teman-teman. Jika teman-teman ingin mendapatkan lebih banyak keterampilan untuk modal kerja bisa masuk SMK. Namun jika teman-teman ingin lebih menguasai ilmu-ilmu pengetahuan maka bisa masuk SMA.
Jika teman-teman masih bingung maka konsultasikan hal tersebut dengan orangtua, Bapak-Ibu guru, atau teman. Karena dengan konsultasi tersebut, teman-teman bisa mendapatkan berbagai pertimbangan untuk menentukan keputusan tersebut. Namun perlu teman-teman ingat, bahwa keputusan tetap di tangan teman-teman. Jadi tidak hanya asal milih karena gengsi dengan teman. Usahakan apa yang teman-teman pilih nantinya merupakan suara hati teman-teman dan akan dijalani dengan optimal.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s